Rabu, 05 Januari 2011

Prosesor intel i7


                Intel Core i7 adalah merek Intel nama untuk beberapa keluarga desktop dan laptop 64-bit x86-64 prosesor dengan menggunakan Nehalem, Westmere, dan mendatang Sandy Bridge microarchitectures. The "Core i7" merek ini dipasarkan untuk pasar high-end bisnis dan konsumen dan dimaksudkan untuk membedakan ini prosesor dari prosesor Core i5 ditujukan untuk pasar konsumen utama-stream dan Core i3 prosesor ditujukan untuk pasar konsumen entry level.

               "Core i7" adalah penerus merek Intel Core 2 Core i7 pengidentifikasi pertama kali diterapkan pada keluarga prosesor awal.  CODEC Bloomfield diperkenalkan pada tahun 2008 . Pada tahun 2009 nama tersebut diterapkan pada model Lynnfield dan Clarksfield Sebelum. Sampai 2010, semua model adalah prosesor quad-core. Pada tahun 2010, nama diterapkan untuk model Arrandale dual-core, dan Gulftown Core i7-980X Extreme yang memiliki enam core hyperthreaded.

                Perwakilan Intel menyatakan bahwa moniker Core i7 dimaksudkan untuk membantu konsumen memutuskan untuk membeli prosesor sebagai produk berbasis Nehalem yang lebih baru dirilis di masa depan  Nama berlanjut. penggunaan merek Intel Core. Core i7 , pertama berkumpul di Costa Rica, secara resmi diluncurkan pada tanggal 17 November 2008 dan diproduksi di Arizona, New Mexico dan Oregon, meskipun Oregon (PTD, Fab D1D) tanaman telah pindah ke generasi berikutnya 32 nm proses.Core i7 sendiri merupakan Processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di Processor, bukan motherboard. Nehalem  juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.
               
          Apa saja yang istimewa dari Processor Core i7 ini? Apa saja teknologi yang diusungnya? Secara garis besar dapat disebutkan spesifikasi Processor Core i7 yang berbeda dengan Processor – Processor Intel sebelumnya, diantaranya :
·           Memiliki performa lebih tinggi dan lebih efisien dalam penggunaan energi dibandingkan dengan prosessor generasi sebelumnya.
·           FSB ( Front Side Bus) digantikan dengan QuickPath Interface. Sementara ini hanya chipset yang mendukung QuickPath Interface saja yang bisa menggunakan Processor ini, misal chipset Intel X58.
·           Memory Controller ada dalam Processor, tidak seperti yang sebelumnya terpisah dalam chip tersendiri. Dengan teknologi ini memori akan langsung terhubung dengan Processor. Rupanya Intel Intel cukup terkesan dengan pesaingnya –AMD yang sudah sejak lama menggunakan teknologi ini.
·           Support Three Channel Memory , tiap – tiap kanal berisi 2 slot memori, sehingga total slot yang ada dalam mainboard yang mendukung Processor ini ada 6 slot. Tentu saja kapasitas memori yang bisa disupport oleh Processor ini akan semakin besar.
·           Processor Core i7 sementara ini hanya mendukung memori jenis DDR 3.
·           Core i7 menggunakan single-die device :
core (inti Processor) , memory controller (kontrol memori), dan cache berada dalam satu die.
·           Menggunakan tipe socket baru yaitu Socket B ( Socket LGA 1366)


                Selain hal-hal baru diatas, ternyata justru didalam Processor Core i7 ini menggunakan kembali teknologi lama Intel Pentium yang sudah tidak diaplikasikan didalam generasi Intel Core, yaitu Hyper-Threading . Dengan adanya teknologi Hyper-Threading ini dalam sistem operasi ( Windows,Linux, dll) seolah – olah inti Processor akan menjadi 2 kali lipatnya, misalnya : dalam sistem operasi Processor Core i7 4 core akan terdeteksi menjadi 8 core.
Jenis-jenis Processor Core i7 yang sudah dirilis adalah jenis Extreem Edition dan yang biasa, beberapa diantaranya adalah :
§   Core i7 965 Extrem Edition , dengan Clock 3,2 Ghz, 8 MB L3 Cache , 45 nm, Socket LGA 1366
§   Core i7 940, dengan Clock 2,93 Ghz, 8 MB L3 cache, 45 nm, Socket LGA 1366
§   Core i7 920, dengan Clock 2,66 Ghz ,8 MB L3 Cache, 45 nm, Socket LGA 1366
Semua Processor diatas mempunyai 4 core ( 4 inti processor) atau lebih sering disebut dengan Quad Processor.

Core i7 dirilis awal adalah codename Bloomfield, dicap sebagai Core i7-9xx bersama dengan 3500-series mereka mitra Xeon. Pada 2009, mereka adalah high-end prosesor Intel Desktop, berbagi Socket 1366 platform dengan prosesor dual-prosesor tunggal dan server.

                Lynnfield adalah prosesor kedua yang dijual di bawah merek Core i7, sementara pada saat yang sama yang dijual sebagai Core i5. Tidak seperti Bloomfield, tidak memiliki antarmuka QPI tetapi langsung menghubungkan ke Southbridge menggunakan 2.5 GT / s Direct Media Interface dan ke perangkat lain menggunakan link PCI Express dalam Surat Socket 1156. Core i7 berdasarkan Lynnfield memiliki Hyper-Threading, yang dinonaktifkan dalam Lynnfield berbasis i5 prosesor Core.

                Clarksfield adalah versi mobile dari Lynnfield dan tersedia dengan merek Core i7 Mobile, sebagai bagian dari platform Calpella. Ini dirilis pada Intel Developer Forum pada tanggal 23 September 2009.

                Mobile kedua keluarga prosesor Core i7 akan Arrandale, dijual sebagai prosesor Core i7-6xx dan menampilkan sebuah grafis terintegrasi processing unit namun hanya dua core prosesor, setengah dari Clarksfield. Clarkdale, versi desktop Arrandale, tidak akan dijual sebagai Core i7, tetapi hanya sebagai Core dan Core i3 i5. Semua dukungan Intel Hyper Threading (HT).

                Gulftown adalah versi Extreme Edition Core i7, yang menampilkan 6 core, 32 nm proses, Hyper-Threading (untuk total 12 thread logis), 12 MB cache, Turbo Boost dan Intel QuickPath koneksi bus.

1 komentar:

  1. makasi ya infonya saya izin review untuk tugas kampus saya.. terima kasih :)

    BalasHapus