Sabtu, 08 Januari 2011

permainan yang tidak di makan waktu

Permainan yang tidak akan lupa di makan waktu
1. Lompat tali
2. Bekel
3. Galasin
4. Congklak
5. Gobak sodor
6. Teprok Gunung
dan masih banyak lagi

Kali ini saya akan membahas permainan congklak
pasti semua pernah memainkan permainan ini
karena kalau waktu kecil saya sering main dengan nyokab atau bokap dan sekarang lebih sering main congklak sama adik-adik
jadi kebuktikan permainan congklak permainan yang gak bakal habis di makan waktu
kalau setiap lagi musim permainan congklak pasti di setiap jalan pedagang menawarkan congklak dari yang terbuat dari plastik ataupun dari kayu
sampai biji congklak dari yang terbuat dari plastik dan kerang




permainan congklak adalah permaian yang sudah lama dikenal, permainan yang menggunakan wadah yang panjang ini mempunyai banyak lubang dan disetiap lubangnya diberikan biji buah congklak . congklak sendiri memiliki 16 lubang, 14 lubang kecil dan 2 buah lubang besar. 7 buah lubang kecil dan 1 buah lubang besar untuk pemain dan 7 buah lubang kecil dan satu lubang besar untuk lawan.
biji buah sendiri ditaruh di lubang kecil itu masing-masing sebanyak 7 buah. jika semua lubang kecil sudah ditaruh biji buah congklak masing-masing 7 buah permaian bisa segera dilakukan. Bermain congklak ini tidak lah susah bagi anda yang belum bisa saya beri deh dasar cara permainannya.
untuk awalnya anda bisa melakukan suit dengan lawan bermain anda untuk mentnukan siapa yang akan memulai pertandingan lebih dahulu. setelah itu saya akan lanjutkan setelah berikut ini tetap di cuci mata!



pemain pertama bisa memilih lubang mana yang akan diambil buah biji congklaknya untuk dimainkan, tapi ingat lubang yang bisa dipilih hanya 7 yang berada didepannya. lalu biji buah congklak ditaruh satu-satu setiap ia melewati lubang kecil yang akan dilaluinya (perlu diingat permainan ini dilakukan searah jarum jam atau dari kiri) dan juga satu lubang besar dikirinya sebagai ibarat kata rumahnya. apabila biji buah congklak habis, dan habisnya di lubang yang ada biji buahnya (terserah mau di lubang mana aja) dia bisa melanjutkan dengan mengambil biji didalam lubang tersebut. pemain akan berhenti jika biji buah terakhir berakhir di lubang yang tidak ada biji buah congklaknya lagi. namun jika biji buah terakhir itu berakhir di wilayah pemain itu sendiri dan di depannya lubang pemain lawan memiliki biji buah congklak,
maka biji buah congklak di lubang derah lawan dan biji terakhir yang kita taruh di lubang daerah kita tersebut bisa kita ambil dan ditaruh di lubang besar atau rumah pemain itu. setelah itu lawan yang akan memulai permainannya.
pemenenangnya akan ditentukan dengan cara melihat biji buah siapa yang paling banyak yang berada di lubang besar milik kedua pemain.
congklak ini ada yang terbuat dari pslatik dan ada juga yang terbuat dari kayu. biji buahnya juga bisa menggunakan batu apabila biji buah yang dari plastik hilang. sampai sekarang permainan ini masih ada dan juga banyak dimainkan oleh anak-anak, orang dewasa maupun orang tua. permainan congklak ini tidak memerlukan keahlian khusus untuk bisa memainkannya cukup dengan berlatih saja. apakah anda bisa  bermain congklak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar