Sabtu, 23 Oktober 2010

Definisi Manajemen


Definisi Manajemen

Kata MANAJEMEN berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur
MANAJEMEN Adalah  Proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan oranisasi yang ditetapkan. 
Jadi dapat di simpulkan MANAJEMEN adalah proses kegiatan dengan melalui orang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu serta dilaksanakan secara berurutan berjalan ke arah suatu tujuan.
pengertian MANAJEMEN dapat di lihat dari 3 pengertian:
  1. Manajemen di lihat dari SUATU PROSES   : Maksudnya Bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu.
  2. Manajemen di lihat dari SUATU KOLEKTIVITAS MANUSIA : Merupakn suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.
  3. Manajemen di lihat dari ILMU (Science) dan sebagai SENI (Art) : Maksudnya bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen


Manajemen sebagai ilmu dan seni  

MANAJEMEN merupakan suatu ilmu dan seni karena antara keduanya tidak bisa dipisahkan. Manajemen sebagai ilmu pengetahuan, karena telah di pelajari sejak lama dan telah di organisasikan menjadi suatu teori. Hal ini di karenakan di dalamnya menjelaskan tentang gejala-gejala manajemen. Gejala-gejala ini lalu di teliti dengan menggunakan metode ilmiah yang dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang di wujudkan dalam bentuk suatu teori. Sedangkan yang dimaksud manajemen sebagai suatu seni, disini melihat bahwa didalam mencapai suatu tujuan di perlukan kerja sama dengan orang lain. disini di jelaskan bagaimana cara memerintah pada orang lain agar mau bekerja sama. Pada hakikatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah Managing (mengatur) adalah mengatur disini diperlukan suatu seni, bagaimana melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar